8 Fakta Tentang Kotak Hitam Yang Anda Mungkin Belum Tahu
22.40 |
Setiap kali ada pesawat yang nahas, kotak hitam selalu
dicari untuk memecahkan misteri dibalik kecelakaan itu. Ini juga yang terjadi
pada pesawat Malaysia Airlines MH370 di selatan Samudra Hindia, pencarian kini
difokuskan ke kotak hitam. Pelacak kotak hitam telah dikirim ke lokasi pencarian,
sementara kemampuan kotak hitam MH370 untuk mengirim sinyal tersisa kurang dari
dua minggu. Berikut fakta seputar kotak hitam.
1. Warnanya tidak hitam
Meski disebut kotak hitam, warnanya sebenarnya hampir sama
dengan warna jembatan Golden Gate yang terkenal di San Francisco. Corak
warnanya adalah oranye, yang dimaksudkan untuk membedakannya secara gampang
dengan obyek di sekitarnya. Jika warna Golden Gate lebih kelam, warna kotak
hitam adalah oranye yang lebih terang.
2. Terdiri atas dua bagian
Kotak hitam terdiri atas dua bagian: flight data recorder
(FDR) dan cockpit voice recorder (CVR). Keduanya wajib bagi semua pesawat
komersial dan pesawat pribadi, dan biasanya terletak di ekor pesawat. Posisi
peletakan ini untuk memungkinkan agar kotak hitam ini utuh meski terjadi
kecelakaan. FDR merekam kecepatan, ketinggian, akselerasi vertikal, dan
penggunaan bahan bakar. Jika dulu masih menggunakan sistem kabel untuk merekam
data, kini kotak hitam sudah menggunakan sistem solid-state memory boards.
3. Penemunya orang Australia
Penemunya adalah Dr David Warren, seorang warga Australia.
Ayah Warren meninggal dalam kecelakaan pesawat pada 1934. Saat itu, usia Warren
masih 9 tahun. Pada 1950-an, Warren menemukan ide untuk menciptakan alat yang
bisa merekam data penerbangan dan pembicaraan di kokpit. Ia menulis catatan
untuk Aeronautical Research Centre di Melbourne yang disebut sebagai
"Peralatan untuk Membantu Investigasi Kecelakaan Pesawat". Pada 1956,
Dr Warren menciptakan prototipe flight recorder yang disebut "ARL Flight
Memory Unit". Penemuannya tidak banyak mendapat perhatian hingga tahun
kemudian saat alat tersebut diproduksi di Inggris dan Amerika. Namun, Australia
menjadi negara pertama di dunia yang mewajibkan penggunaan perangkat kotak
hitam di pesawat.
4. Para pakar tak menyebutnya kotak hitam
Sebenarnya, istilah kotak hitam hanyalah istilah favorit
media. Sebab, para pakar tak menyebutnya demikian. Sejumlah teori menyebutkan
asal-usul penggunaan istilah kotak hitam, mulai dari desain awalnya yang konon
memang berwarna hitam hingga penggambaran pertama kalinya yang dilakukan
seorang wartawan yang begitu kagum dengan alat ini dan menyebutkan, "Wah,
ini kotak hitam yang luar biasa".
5. Hanya menyimpan 2 jam pembicaraan di kokpit
Perekam digital memiliki kapasitas cukup untuk merekam 25
jam data penerbangan, tetapi hanya dua jam suara di kokpit yang disimpan secara
otomatis. Alat-alat CVR merekam pembicaraan kru satu sama lain, pembicaraan
dengan menara pengawas, dan suara-suara lain di latar belakang.
6. Bisa sangat lama untuk ditemukan
Kotak hitam dilengkapi dengan alat pemberi informasi lokasi
bawah air yang secara otomatis mengirim transmisi begitu menyentuh air.
Perangkat ini hanya bisa berfungsi hingga kedalaman air 4 km dan mengirim
sinyal sekali setiap detik selama periode 30 hari sebelum baterainya habis.
Dalam pencarian kotak hitam pesawat Air France 447, dibutuhkan waktu dua tahun
untuk menemukan dan mengangkat kotak hitam itu dari dasar laut.
7. Hampir tak bisa dihancurkan
Alat FDR biasanya dibalut dua kali dengan titanium atau
baja. Bagian penting yang berisi memory boards telah diujicobakan dengan
berbagai cara untuk menguji ketahanannya, termasuk percobaan menghancurkannya
dengan api bersuhu 1.100 dejarat celsius.
8. Tak secanggih HP
Pasca-peristiwa pesawat MH370 ini, kalangan pakar
menyarankan perlunya memperbarui metode koleksi data penerbangan. Dalam
industri penerbangan saat ini, para penumpang bisa mengirim SMS, menjelajah
internet selama penerbangan, tetapi komunikasi alat perekam data penerbangan
tidak terhubung secara langsung (live) ke pihak terkait. Salah satu kendalanya
adalah adanya kebutuhan terhadap bandwith dalam jumlah besar untuk mengirim
data penerbangan dalam jumlah besar pula
0 comments:
Posting Komentar