Ini Dia Gaji Guru Di JIS (Jakarta International School)

shares

Setelah mengetahui biaya sekolah di JIS, mungkin anda ingin tahu berapa gaji guru di JIS. Tim investigasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menemukan fakta bahwa kesenjangan gaji antara guru asing dan guru lokal di Jakarta International School (JIS) sangat lebar.

Ini Dia Gaji Guru Di JIS (Jakarta International School)

Ternyata gaji guru di JIS berbeda antara guru  asing dan local. Dirjen PAUD Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) Lydia Freyani mengungkapkan, tenaga pendidik asing menerima upah mulai di atas Rp 50 juta hingga di atas Rp 100 juta. Sementara itu, tenaga pengajar asal Indonesia menerima upah hanya sekitar Rp 2 juta hingga Rp 15 juta per bulan.

Menurut Lydia, tenaga pendidik Indonesia hanyalah berstatus sebagai asisten pendidik dan staf. "Ini kita sangat miris. Jauh sekali, kita melihat untuk pendidik asing dan Indonesia jauh banget," ujarnya dalam perbincangan kepada Kompas.com, Jumat (25/4/2014) malam.

Selain masalah disparitas gaji yang sangat lebar, Kemendikbud juga menemukan fakta bahwa TK JIS tidak mengajarkan bahasa dan sejarah Indonesia. Meski berstatus sekolah internasional, JIS wajib mengajarkan bahasa dan sejarah Indonesia karena berlokasi di Indonesia.

"Yang menyinggung perasaan kita sebagai bangsa Indonesia, mereka tidak mengajarkan Bahasa Indonesia, Sejarah Indonesia, Pancasila, PPKN juga tidak," ujar Lydia d

Padahal, sekolah internasional di negara lain juga akan mengajarkan bahasa dan sejarah negara setempat kepada siswa asing. "Misalnya, bila anak Indonesia sekolah di Amerika. Dia hukumnya wajib belajar sejarah Amerika," papar Lydia.

Pun dengan komposisi guru pengajar di JIS. Kemendikbud sejauh ini telah memberikan arahan mengenai persentase guru asing dan lokal di sekolah internasional. Namun, hal itu tidak ditemui di JIS.


"Harusnya dia menerima menerima guru WNI sebanyak berapa persen, Tapi tidak ada. Di sana semua pengajarnya asing," ujarnya.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar