Simpanan Dana Haji Kemenag Rp 70 Triliun. Berapa Bunganya Perbulan?

shares

KPK sudah menetapkan Menteri Agama Suryadharma Ali sebagai tersangka korupsi dana haji. Ada banyak celah yang bisa membuat pengelolaan dana haji di kemenag ini terkorupsi. Sebab jumlahnya sangat besar. Triliunan rupiah mengendap di deposito karena system setoran haji yang diberlakukan kemenag memungkinkan hal tersebut.  Jika dana yang disimpan di bank saja triliunan rupiah, berapa bunganya?

Simpanan Dana Haji Kemenag Rp 70 Triliun. Berapa Bunganya Perbulan?

Menurut berita di detik, total dana haji yang dikelola Kemenag mencapai Rp 70 triliun. Dana ini dihimpun dari para jamaah yang setor untuk biaya keberangkatan. Dana ini ini diinvestasikan ke deposito perbankan dan surat utang syariah (sukuk) yang diterbitkan Kementerian Keuangan.

Jika Rp 70 T dideposito misalnya, lalu bunganya 0,5% saja, berarti kira-kira perbulan ada bunga Rp 350 miliar. Jika dihitung pertahun bunganya Rp 4,2 T. Woww jumlah yang sangat besar.
Lalu untuk apa bunganya?

"Bunganya atau keuntungan investasi untuk subsidi, misalnya subsidi makan di Madinah, subsidi makan di Makkah, untuk bayar biaya di airport dan lain-lain selama haji," terang Irjen Kemenag M Jasin saat dikonfirmasi, Selasa (27/5/2014).

Jasin yang pernah menjabat sebagai pimpinan KPK ini menjelaskan, penggunaan dana haji diawasi dengan ketat di bawah Dirjen Urusan Haji dan Umroh. Penggunaan keuntungan investasi dana haji itu untuk kebaikan umat.

"Untuk yang memberi manfaat. Untuk asuransi, biaya paspor jamaah, general service, makan di Madinah, dan living cost di Mekkah," tambah dia.

Jasin juga menegaskan, pemanfaatan dana haji ini sepenuhnya untuk pembiayaan jamaah haji selama di Saudi. Perbaikan terus dilakukan untuk penggunaan dana haji ini.


"Pemanfaatan untuk yang memberi kebaikan," tutup Jasin yang masuk ke Kemenag pada 2012 ini.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar